Jumat, 12 Agustus 2016

TIK - Tokoh dalam Dunia Internet

1. Claude Elwood Shannon (30 April 1916 - 24 Februari 2001)

Claude Elwood Shannon lahir di Petoskey, Michigan, dan meninggal di Medford, Massachusetts, Amerika Serikat, pada umur 84 tahun. Beluau adalah seorang ilmuwan matematika, teknik elektro, dan kriptografi asal Petoskey, Michigan, Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai "Bapak Teori Informasi", yaitu disiplin ilmu dalam bidang matematika terapan yang berkaitan dengan kuantisasi data sehingga data atau informasi itu dapat disimpan dan dikirimkan tanpa kesalahan melalui suatu kanal komunikasi. Claude Shannon menerbitkan sebuah makalah yang berpengaruh pada tahun 1948, “Sebuah Teori Matematika Komunikasi” yang memfomalkan studi saluran komunikasi. Dengan membentuk batas pada efisiensi komunikasi dan menghadirkan tantangan untuk menemukan kode untuk meningkatkan efisiensi, Shannon mengembangkan fondasi dasar yang mendasari Internet.

2. Paul Baran (29 April 1926 - 26 Maret 2011)

Paul Baran lahir di Grodno (sekarang bagian dari Belarus), dan meninggal di Palo Alto, California, pada umur 84 tahun karena komplikasi kanker paru-paru. Pada tahun 1968 Baran mendirikan Institute for the Future, dan kemudian terlibat dalam teknologi jaringan lainnya yang dikembangkan di Silicon Valley. Dia berpartisipasi dalam review proposal NBS untuk Data Encryption Standard pada tahun 1976, bersama dengan Martin Hellman dan Whitfield Diffie dari Stanford University. Pada awal 1980-an, Baran didirikan PacketCable, Inc, "untuk mendukung saluran televisi impuls-pay , yang dihasilkan secara lokal videotex, dan transmisi suara packetized ". Ia mendirikan Telebit setelah teknologi multitone modem diskrit di pertengahan 1980-an. Ini adalah salah satu produk komersial pertama yang menggunakan Orthogonal frequency-division multiplexing, yang kemudian banyak digunakan di modem DSL dan modem nirkabel Wi-Fi. Pada tahun 1985, Baran didirikan Metricom, perusahaan Internet nirkabel pertama, yang dikerahkan Ricochet, masyarakat sistem jaringan mesh nirkabel pertama. Pada tahun 1992, ia juga mendirikan Com21, sebuah perusahaan modem kabel awal. Setelah Com21, Baran mendirikan GoBackTV, yang mengkhususkan diri dalam TV dan IPTV kabel peralatan infrastruktur pribadi untuk operator televisi. Baran diperpanjang karyanya dalam packet switching teori nirkabel spektrum, mengembangkan apa yang disebut "aturan TK" untuk penggunaan spektrum nirkabel. Selain inovasi dalam produk-produk jaringan, ia juga dikreditkan dengan menciptakan detektor pintu gun pertama.

3. Robert Taylor (10 Februari 1932 - sekarang)

Robert William Taylor, atau akrab disapa Bob Taylor, adalah pelopor internet, yang memimpin tim yang membuat kontribusi besar untuk komputer pribadi, dan teknologi yang terkait lainnya. Dia adalah direktur Kantor Teknik Pengolahan Informasi ARPA dari tahun 1965 sampai tahun 1969, pendiri dan kemudian manajer Ilmu Komputer Laboratorium Xerox PARC dari 1970 melalui 1983, dan pendiri dan manajer dari Digital Equipment Corporation Sistem Research Center hingga 1996. Penghargaannya meliputi National Medal of Technology and Innovation dan Prize Draper mengenal Taylor untuk tingkat is yang tinggi. "Internet bukan tentang teknologi, ini tentang komunikasi Internet menghubungkan orang-orang yang telah berbagi kepentingan, ide-ide. dan kebutuhan, terlepas dari geografi.". Dia menulis sebuah makalah yang berpengaruh, “The Computer as a Communication Device,” (Komputer sebagai Alat Komunikasi), kata pria ini, dunia akan segera dapat berkomunikasi dengan lebih efisien melalui komputer daripada tatap muka. Makalah ini menggambarkan tentang bagaimana Internet akan menjadi masa depan.

4. Douglas Engelbart (30 Januari 1925 - 2 Juli 2013)

Dr. Douglas C. Engelbart lahir di Portland, Oregon, dan meninggal di Atherton, California, pada umur 88 tahun. Beliau adalah seorang pionir di bidang interaksi antarmuka komputer yang mengembangkan konsep hiperteks serta menemukan tetikus komputer. Beliau merupakan seorang peneliti di Stanford, Augmentation Research Center Englebart adalah simpul kedua pada ARPANet pada Oktober 1969. Dia mengembangkan Pusat Jaringan Informasi di Stanford, yang kemudian menjadi registry nama domain, atau database daftar setiap website di Internet. Sangat menarik untuk dicatat bahwa Sergey Brin dan Larry Page, para pengembang Google, juga kuliah di Stanford 30 tahun kemudian. Dia juga menemukan mousePada 1970 hingga 1980-an, Douglas menjadi peneliti senior di Tymshare Inc. Pada 1989, Douglas mendirikan The Bootstrap Institute, yang menjadi pusat pengembangan teknologi jaringan komputer yang berperan dalam kemajuan teknologi internet.

5. Larry Roberts (21 Desember 1937 - sekarang)

Lawrence G. Roberts lahir di Conecticut, beliau merupakan ilmuwan Amerika yang menerima Hadiah Draper pada tahun 2001 dan Principe de Asturias Award 2002 untuk pengembangan Internet.  Di Massachusetts Institute of Technology (MIT) ia menerima gelar sarjana (1959), gelar master (1960), dan Ph.D. (1963), semua dalam teknik listrik. Dia memimpin pengembangan ARPANet sebagai seorang manajer program dan direktur kantor. Roberts meupakan pendiri Telenet, packet switched jaringan pertama penyedia dan prekursor untuk perusahaan seperti Comcast dan Verizon. Telenet sekarang dimiliki oleh Sprint dan merupakan bagian dari jaringan data mobile. Tahun 2011, Roberts mendirikan dan mengeetuai Anagram Inc. Anagram terus bekerja di area yang sama dengan Caspian: manajemen arus IP dengan peningkatan Quality of Service untuk Internet.  Sejak September 2012, ia adalah CEO dari Netmax di Redwood City, California.


6. Vint Cerf (23 Juni 1943 - sekarang)

Vinton Gray Cerf lahir di New Heaven, Connecticut. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer kebangsaan Amerika Serikat yang sering disebut sebagai salah satu bapak pendiri Internet, atas peran kuncinya dalam pembuatan protokol TCP/IP yang menjadi basis dari jaringan Internet. Cerf juga merupakan pendiri Internet Society pada tahun 1992, organisasi yang berperan sebagai organisasi payung bagi berbagai kelompok teknis yang bertugas mengembangkan internet (antara lain Internet Engineering Task Force). Cerf menjabat sebagai ketua Internet Society hingga 1999. Beliau melupasan sarjana dari Stanford University, di bidang Matematika, dan selesai pada tahun 1965. Setelah bekerja sebentar di IBM, Cerf kembali meneruskan studi di University of California, Los Angeles, mengambil studi ilmu komputer, yang diselesaikannya pada tahun 1970 (master) dan 1972 (PhD). Saat di UCLA lah Cerf berkutat dengan dunia internetworking, mengerjakan ARPANet, jaringan komputer berbasis paket yang pertama. Dalam periode ini, Cerf menulis beberapa RFC. Pada tahun 1972, Cerf menjadi profesor di Stanford University.

7. Paul Mockapetris (1948 - sekarang)

Paul V. Mockapetris lahir di Boston, Massachusetts, AS. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer dan perintis Internet asal Amerika, yang bersama-sama dengan Jon Postel, menemukan Internet Domain Name System (DNS). Mockapetris lulus dari sekolah bergengsi Boston Latin School pada tahun 1966, serta menerima gelar sarjana dalam fisika dan teknik listrik dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1971 dan gelar doktor dalam informasi dan ilmu komputer dari University of California di Irvine pada tahun 1982. Pada tahun 1983, ia mengusulkan arsitektur Domain Name System di RFC 882 dan RFC 883. Dia telah mengakui masalah di Internet awal (kemudian ARPANet) memegang nama untuk terjemahan alamat di satu meja pada sebuah host, dan sebaliknya mengusulkan didistribusikan dan basis data DNS dinamis (dasarnya DNS seperti yang ada saat ini). Ketika Anda mengetik alamat situs web ke dalam kotak pencarian, Anda dapat berterima kasih pada Mockapetris dan Postel karena telah merancang bagaimana membuat tindakan untuk menemukan situs web yang Anda inginkan.

8. David Clark (7 April 1944 - sekarang)

David Dana "Dave" Clark adalah seorang ilmuwan komputer dan pelopor internet Amerika yang telah terlibat dengan perkembangan internet sejak pertengahan 1970-an. Saat ini bekerja sebagai Senior Research Scientist di MIT's Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL). Dia lulus dari Swarthmore College pada tahun 1966. Pada tahun 1968, ia menerima gelar Master dan Insinyur Teknik Elektro dari MIT, di mana dia bekerja pada I/O Multics Architecture bawah Jerry Saltzer. Dia menerima gelar Ph.D. Teknik Elektro dari MIT pada tahun 1973. Dari tahun 1981 hingga 1989, ia bertindak sebagai kepala arsitek protokol dalam pengembangan Internet, dan mengetuai Internet Activities Board, yang kemudian menjadi Internet Architecture Board. Dia juga menjabat sebagai ketua Komputer Ilmu dan Telekomunikasi Dewan Dewan Riset Nasional. Pada tahun 1990 ia dianugerahi SIGCOMM Award sebagai pengakuan atas kontribusi besar untuk protokol Internet dan arsitektur. Clark menerima IEEE Richard W. Hamming Medal pada tahun 1998. Pada tahun 2001 ia dilantik sebagai anggota dari Association for Computing Machinery. Pada tahun 2001, ia dianugerahi Telluride Tek Festival Award of Technology di Telluride, Colorado, dan pada tahun 2011 Internet & Society Lifetime Achievement Award dari Oxford Internet Institute di Universitas Oxford.

9. Steve Wolff

Stephen Wolff adalah salah satu dari banyak ayah dari Internet. Terutama dikreditkan dengan mengubah Internet dari proyek pemerintah menjadi sesuatu yang terbukti memiliki minat ilmiah dan komersial untuk seluruh dunia. Dr. Wolff menyadari sebelum sebagian potensi di internet dan mulai menjual gagasan bahwa Internet bisa memiliki efek mendalam pada kedua dunia komersial dan akademik.  Sebagai Direktur Divisi Jaringan dan Komunikasi di National Science Foundation (NSF) pada tahun 1986, Steve Wolff mengelola pengembangan NSFNet, salah satu prekursor untuk Internet. Dia mengkonsep dan memimpin Gigabit Testbed, sebuah proyek bersama antara NSF dan Departemen Pertahanan yang dirancang untuk membuktikan bahwa jaringan bisa beroperasi pada kecepatan gigabit. Keberhasilannya membantu membuka jalan untuk mengubah Internet dari jaringan komunikasi secara sempit berfokus ke Internet global yang luas seperti hari ini.

10. Marc Andreesen (9 Juli 1971 - sekarang)

Sebenarnya butuh dua pelopor untuk mengembangkan Mosaic, browser Internet pertama. Marc bersama Eric Bina mengambil semua prestasi pelopor sebelumnya dan diterjemahkan ke dalam antarmuka dengan grafis yang mudah digunakan. Hal ini berlangsung jauh ke arah mengubah guna Internet dari yang sebelumnya Internet hanya digunakan oleh ilmuwan berpendidikan tinggi sehingga bisa digunakan oleh orang pada umumnya. Beliau merupakan salah seorang pendiri Netscape, dan salah seorang pendiri dan mitra umum Silicon Valley perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz. Ia mendirikan dan kemudian dijual perusahaan software Opsware ke Hewlett-Packard. Andreessen juga merupakan salah seorang pendiri Ning, sebuah perusahaan yang menyediakan platform untuk situs jaringan sosial. Dia duduk di dewan direksi Facebook, eBay, dan Hewlett Packard Enterprise.
Itu beberapa tokoh dalam dunia Internet yang penulis ketahui dari berbagai sumber, mohon maaf apabila ada beberapa kesalahan dalam penulisan, maupun penjelasan. Ini hanya sekedar acuan saja, untuk lebih detailnya bisa mencari dari sumber lain. Terimakasih atas kunjungan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar