Minggu, 14 Agustus 2016

TIK - Manfaat Internet di Berbagai Bidang

A. Bidang Pendidikan

1. Mencari Informasi
Dengan Internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal didunia pendidikan, seperti perubahan kurikulum disetiap tahunnya, berbagai contoh, dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.

3. Sarana Pembelajaran
Melalui Internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini disekolah, yang telah berlalu, dan yang belum dipelajari.
4. Sarana Mencari Beasiswa 

Dengan Internet kita dapat mendapatkan informasi tentang Beasiswa yang dikeluarkan oleh Pemerintah disetiap tahun ataupun semester, baik itu diluar sekolah maupun didalam sekolah.
5. Sarana Pendidikan Jarak Jauh
Pendidkan jarak jauh artinya kita tidak harus selalu berada disatu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan internet kita dapat mengakses situs Web selama 24 jam sehari, tak peduli dimana pun kita berada.








B. Bidang Bisnis
1. Menciptakan Basis bagi Klien atau Pelanggan 
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di internet tersebut.
2. Analisa Produk dan Pasar 
Internet dapat dijadikan tempat yang baik untuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelanggan. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
3. Nasehat dan Bantuan Pakar dibidangnya 
Banyak pakar yang ada di internet yang mempublikasikan karyanya untuk diketahui publik. Sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakarnya tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga yang sangat mahal.
4. Rekruitmen Tenaga Kerja dan Penyediaan Lowongan Kerja 
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di internet.

5. Komunikasi yang Cepat dan Pengiriman Dokumen dengan Biaya Murah 
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat.
6. Riset Peluang Bisnis Baru 
Banyak yang memanfaatkan internet untuk mencari ide inovatif. Pengguna internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya, tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula dijadikan forum komunikasi antara para ahli di bidangnya masing-masing.




C. Bidang Politik
 
 
1. Sarana Kampanye 
Internet dapat dijadikan media bagi para Politisi untuk bersosialisasi dengan masyarakat tanpa harus bertemu langsung. Ini bisa memperkecil biaya kampanye, namun bagi masyarakat yang tidak aktif dalam dunia Internet tidak dapat mengetahui sosialisasi yang disampaikan Politisi tersebut.
2. Penyebar Berita Politik 
Apabila terdapat masalah dalam dunia politik pemerintahan, masyarakat dapat mengetahui dengan lebih leluasa, dan lebih mudah memahami kasus-kasus yang terjadi.
3. Sosialisasi Program Pemerintah

Program pemerintah yang sudah berlaku ataupun yang baru berlaku dapat diketahui oleh semua kalangan masyarakat

 
D. Bidang Agama

1. Sarana Dakwah 
Para pemuka agama bisa merekam kegiatan dakwah mereka, lalu mempublikasikan kepada masyarakat untuk menambah pengetahuan keagamaan masyarakat tentang hal-hal tertentu tanpa membutuhkan waktu yang banyak.
2. Konsultasi Masalah Keagamaan
Ketika umat menemukan masalah hidup yang berkaitan dengan agama, mereka bisa berkonsultasi ditengah kesibukan mereka. 

E. Bidang Sosial Budaya

1. Sarana Sosialisasi Budaya


Budaya lokal dapat diketahui oleh masyarakat luas, sehingga potensi wisata daerah bisa berkembang dengan pesat. Itu dapat berdampak pada peningkatan pendapatan daerah, sampai pendapatan perkapita.
2. Sarana Komunikasi 
Komunikasi melalui Internet sangat efisien, sehingga banyak pemakainya saat ini. 
3. Sarana Pertemanan
Pengguna dapat berteman maupun berhubungan dengan orang luar tanpa bertemu secara langsung.


Itu beberapa yang dapat penulis bagikan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar